Pemasaran Media Online Paling Efektif 2024

Bisnis Owner Wajib Tau: Pemasaran Media Online Paling Efektif 2024!

Sebelum kita membahas pemasaran media online paling efektif 2024, saya ingin sedikit bertanya pada para pebisnis owner, apa kabar target kuartal 1 tahun ini? Apakah semua aman dan tercapai sesuai target? melebihi target? atau malah boncos? hehe, semoga tidak banyak yang menjawab dengan jawaban terakhir ya 😀

Faktanya, kuartal 1 kemarin cukup menegangkan, momen pilpres di Februari 2024 yang ramai itu cukup mempengaruhi pasar di sebagian besar industri dalam negeri. Namun kita tidak akan membahas soal polemik pilpres di sini ya, kali ini kita akan membahas mengenai Pemasaran Media Online Paling Efektif yang bisa dimanfaatkan oleh para bisnis owner di 2024 ini. Sedikit telat bahas namun tidak juga sih, kita masih memiliki 2 kuartal tersisa di tahun ini.

Consumer Behavior Trend 2024

Sebelum membahas mengenai media online terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk marketing, akan lebih baik jika kita terlebih dahulu mengetahui dan memahami tren perilaku konsumen ( consumers’ behaviour trend) yang nantinya bisa kita gunakan acuan untuk memilih media yang tepat untuk pemasaran bisnis.

Pemasaran online terbaik 2024

1. Ulasan Pelanggan

Sedikit cerita, saya dan keluarga termasuk lumayan sering melakukan camping. Kami membawa tenda dan menuju ke sebuah tempat yang asik untuk bermalam di sana. Nah, sebelum rencana itu dilaksanakan, saya selalu menggunakan google, instagram, dan media sosial lain yang terkait untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai tempat yang akan kami tuju. Keputusan saya untuk memilih sebuah lokasi camping juga sangat dipengaruhi oleh ulasan yang ada di Google bisnis, atau media sosial terkait. Apakah Anda juga melakukan hal yang sama?

Faktanya, kebiasaan ini ternyata umum dilakukan saat ini. Kini, ulasan pelanggan di Google maupun di media sosial menjadi salah satu pertimbangan utama orang dalam membuat keputusan pembelian. Jadi, jika Anda memiliki pelanggan di media-media tersebut, pastikan bisnis Anda memiliki ulasan yang bagus dari pelanggan Anda.

2. Pemilik Brand

Tak semua bisnis owner suka tampil dan menunjukkan dirinya di depan para pelanggan. Namun kini, pelanggan memiliki perhatian lebih pada siapa yang ada di balik sebuah brand. Memahami kepribadian pemilik brand menambahkan sebuah nilai plus dan menjadi pertimbangan bagi para pelanggan untuk terus atau tidak menggunakan brand tertentu. Wah, jadi PR tambahan ya untuk para pemilik brand.

3. Layanan 24/7

Jika kita bisa belanja kapan saja kita mau di satu tempat, maka kenapa kita memilih untuk sebaliknya? Setiap pemilik bisnis harus benar-benar sadar bahwa kini, membuka toko selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu adalah sebuah keniscayaan. Tak hanya rumah sakit, bahkan minimarket seperti alfamidi dan indomaret pun sudah menerapkannya di beberapa outletnya.

4. Tren Belanja Omnichannel 

Bayangkan saja ketika seseorang sedang berselancar di instagram, lalu menemukan sebuah foto pakaian yang cantik, kemudian dia beralih ke profil instagram brand tersebut, hingga memutuskan untuk membeli. Namun karena ingin jaminan keamanan dalam pembelian, ia kemudian memutuskan untuk mencari akun brand tersebut di Shopee. Ah, tapi sebelum memutuskan untuk check out, ia sejenak membandingkan dengan harga di Tiktok yang biasanya memberikan diskon atau cashback besar. 

Tunggu dulu, bagaimana jika ternyata ukurannya nanti ternyata tidak sesuai? Maka ia juga memastikan bahwa akan ada store yang bisa ia datangi untuk bisa melakukan penukaran dengan cepat dan aman.

See! Untuk menyediakan layanan seperti cerita di atas, sebuah brand perlu hadir di beberapa channel untuk memanjakan pelanggannya!

5. Personalisasi

Pelanggan akan mendekat dengan senang hati ketika menemukan produk atau layanan yang sesuai dengan keinginannya, kebutuhannya, dan kepribadiannya. Ini sebenarnya akan sangat menghemat biaya marketing dan iklan Anda. 

Dengan benar-benar memahami siapa pelanggan Anda, Anda bisa memberikan pelayanan, membuat iklan, menyediakan tempat, yang sesuai dan cocok dengan personal target pelanggan Anda dan tak perlu membuang-buang energi dan biaya di luar persona pelanggan Anda.

6. Kenyamanan di Atas Kualitas

Salah satu kelemahan bisnis lokal adalah, terlalu fokus pada produk dan mengabaikan kenyamanan yang didapatkan pelanggan ketika datang ke outlet atau ketika menghubungi via telepon atau whatsapp. Padahal tren konsumen saat ini menunjukkan bahwa mereka lebih memilih brand yang bisa menyajikan pelayanan yang ramah dan tempat yang nyaman meskipun kualitas produknya sedikit lebih buruk dibanding brand sebelah.

7. Influencer sebagai Panutan

Tak peduli sebagus apa kualitas sebuah produk, ketika seorang influencer populer memperkenalkan di beranda media sosial, maka seketika itu ratusan bahkan ribuan produk akan langsung terjual. Bagaimana mereka seyakin itu untuk membeli? Ya, mereka membeli bukan karena produknya, namun karena keyakinan mereka tentang idola mereka yakni influencer tersebut. Bagaimana jika produk tersebut tidak sebagus yang mereka harapkan? Itu sudah menjadi urusan yang berbeda ya.

8. Keamanan dan Privatisasi 

Pembeli sekarang sudah lebih cerdas, dalam hal pembelian online, mereka akan lebih peduli dengan seberapa data mereka dilindungi dan tidak disalahgunakan, juga bagaimana pembayaran yang mereka lakukan dijamin. Ini mewajibkan para pemilik brand untuk menyediakan aneka pilihan pembayaran yang aman dan terjamin; baik transfer bank, virtual account, Qris, via mini market terdekat, hingga aneka e-wallet pilihan.

Pemasaran Media Online Paling Efektif 2024

Dari pembahasan mengenai customer behaviour di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan, bahwa media online yang efektif untuk Anda gunakan dalam implementasi strategi marketing bisnis Anda adalah:

1. Google

Siapa yang tak mengenal Google, Anda pasti setuju bahwa mbah Google ini menjadi salah satu rujukan pertama ketika seseorang hendak mendapatkan informasi tertentu, termasuk ketika hendak mencari barang atau jasa yang sedang mereka butuhkan. Faktanya, statistik Google menunjukkan bahwa di 2023, Google menguasai 91,54% pangsa mesin pencari global. Nah, untuk mengoptimalkan kehadiran bisnis Anda di Google, Anda bisa menggunakan dua jenis strategi pemasaran yaitu dengan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). 

data statistik pengguna google 2023

Pada dasarnya kedua teknik pemasaran tersebut akan membawa halaman atau website Anda ke halaman teratas mesin pencari, terutama Google, sehingga website Anda akan ditemukan dengan mudah ketika seseorang memasukkan kata kunci tertentu. Ini memungkinkan bisnis Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh para pelanggan Anda. Lalu, apa perbedaannya?

SEO bisa dilakukan tanpa biaya, alias gratis. Namun, Anda membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk bisa menikmati hasilnya. Apalagi jika Anda menyasar kata kunci yang memiliki kompetisi yang tinggi di Google. Sementara SEM bisa memberikan hasil yang lebih cepat namun membutuhkan biaya, alias berbayar. Untuk Anda yang familiar, SEM ini dilakukan melalui iklan berbayar di Google.

2. Media Sosial

Sebenarnya, ada puluhan media sosial di dunia internet, namun di Indonesia hanya ada beberapa yang populer. Beberapa diantaranya adalah: Facebook, Instagram, Tiktok, Linkedin, dan X (dulunya Twitter). Data statistik dari Data Reportal menunjukkan bahwa 60,4% populasi Indonesia atau sebanyak 167 orang adalah pengguna aktif media sosial. Dan sebanyak 78,5% pengguna internet di Indonesia memiliki paling tidak 1 akun media sosial.

Ini adalah potensi yang sangat besar untuk sebuah bisnis dalam memasarkan produk atau jasanya melalui media sosial. Maka sangat disayangkan, jika bisnis Anda tidak atau belum memanfaatkannya bukan?

data statistik pengguna media sosial indonesia 2023

3. Marketplace

Data dari SimilarWeb menunjukkan bahwa ada lebih dari 4 miliar kunjungan website ecommerce selama 2023 di Indonesia. Dengan 5 market place favorit di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak.

Maka, tak perlu diragukan lagi, bahwa marketplace juga menjadi media pemasaran online yang efektif untuk pemasaran sebuah bisnis.

data kunjungan marketplace indonesia 2023

Menentukan Media Pemasaran Online yang Tepat

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah semua media di atas akan memberikan hasil yang sama pada setiap bisnis. Jawabannya adalah tidak. 

Seperti halnya frasa “market kita bukan semua orang”, media pemasaran terbaik bisnis kita juga bukan semua channel. Namun, karena saat ini omnichannel juga merupakan sebuah tuntutan untuk sebuah bisnis agar bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi para pelanggannya, maka sebisa mungkin kita membuka semua channel yang ada. Pada perjalanannya, sebuah bisnis akan menemukan strategi pemasaran yang paling tepat dengan media paling pas yang bisa mendatangkan benefit paling optimal pada strategi dan target bisnis yang sudah ditentukan. 

Jadi, dari beberapa media di atas, media apa saja yang sudah Anda gunakan untuk memaksimalkan target pencapaian pemasaran bisnis Anda?


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *