Mari kita buka obrolan di blog ini dengan membahas tentang Digital Marketing. Sebenarnya, digital marketing bukanlah hal yang asing di Indonesia. Sejak tahun 1990an, strategi pemasaran ini sudah mulai digunakan di Indonesia, namun memang masih terbatas pada email marketing dan penggunaan website yang masih sangat sederhana. Digital marketing baru mulai populer di tahun 2000-an dan mengalami perkembangan yang sangat pesat di masa pandemi 2020. Sejak saat itu, strategi pemasaran ini menjadi salah satu strategi yang wajib dilakukan oleh para pelaku pemasaran maupun pemilik bisnis.

Digital Marketing adalah…

Jadi, apa itu digital marketing? Digital marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media digital baik televisi, billboard elektronik, dan internet. Strategi ini digunakan untuk mendapatkan jangkauan pemasaran yang lebih luas, cepat, hemat, dan masif. 

Digital marketing juga memberikan lebih banyak keuntungan bagi para pemilik produk atau jasa dibanding dengan strategi marketing biasa. Namun demikian, tetap disesuaikan dengan karakter dan target market bisnis itu sendiri. Pada kenyataannya, ada pula bisnis yang strategi marketingnya tetap mengandalkan strategi marketing konvensional. Bisnis apa saja itu? Nah, untuk topik ini kita bahas nanti di artikel yang lain ya 😉

Perbedaan Digital Marketing dengan Internet Marketing

Mungkin sebagian dari Anda kemudian bertanya-tanya. Lalu apa perbedaan antara digital marketing dan internet marketing? Saat ini, mungkin perbedaan tersebut tidak lagi begitu dipusingkan. Jika Anda membaca referensi-referensi di internet, baik penjelasan mengenai internet marketing dan digital marketing hampir sama. 

Perbedaan antara digital marketing dan internet marketing sebenarnya hanya terletak pada media yang digunakan. Jika digital marketing menggunakan media digital sebagai media pemasarannya (TV, billboard, dan internet), maka internet marketing hanya menggunakan internet sebagai media pemasarannya. 

Bagaimana, sudah paham kan sekarang? Namun tidak perlu terlalu berdebat mengenai pengertiannya, karena sudah terlalu banyak salah kaprah yang sudah menjadi keumuman, sehingga ya… sudah biasa digunakan.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing dalam Bisnis

keuntungan digital marketing

Sampai saat ini masih banyak orang yang mempertanyakan apa sih untungnya menggunakan digital marketing? Jika bisnis yang saat ini saja sudah bisa memberikan banyak keuntungan? Pola pikir ini biasanya muncul di kalangan para pebisnis konvensional yang memang telah memiliki pelanggan tetap atau kompetitor yang sedikit atau bahkan tidak ada. 

Saya pribadi telah melakukan internet marketing sejak 2013, dan sangat merasakan keuntungan menggunakan digital marketing. Dari yang hanya seorang freelancer sampai akhirnya bisa menjadi bisnis owner. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menggunakan strategi marketing ini:

1.Bisa dimulai sendiri

Digital marketing adalah strategi marketing yang memiliki lingkup yang cukup luas. Namun demikian, Anda bisa memulainya dengan cara yang paling sederhana dan biaya gratis! Asal ada internet ya… Jika Anda masih belum memahami sama sekali tentang digital agency, Anda bisa mulai mempelajarinya secara otodidak. Ilmu digital marketing bisa didapat dengan mudah di internet, Anda juga bisa belajar melalui webinar-webinar di internet. 

2.Budget bisa disesuaikan

Selain bisa dilakukan sendiri, strategi pemasaran ini juga membutuhkan biaya yang bisa dikustomisasi. Anda bisa melakukan strategi organik yang membutuhkan biaya hampir 0, atau Anda juga bisa melakukan strategi berbayar yang tentunya bisa mempercepat hasil dan meningkatkan konversi. Tentu saja, ini juga disesuaikan dengan kondisi produk/jasa dan besarnya bisnis Anda. 

3.Jangkauan pasar lebih luas 

Karena dilakukan melalui media digital, maka pastinya digital marketing bisa memberikan Anda jangkauan pasar yang lebih luas. Dampaknya tentu saja pada, penetrasi pasar yang lebih luas, potensi penjualan yang lebih tinggi, serta omset yang lebih besar! Ini adalah keuntungan yang pastinya diidam-idamkan semua pemilik bisnis bukan?

4.Mengoptimalkan keuntungan

Karena kemudahan-kemudahan yang diberikan, dengan menggunakan strategi yang benar, ini tentunya akan berdampak positif pada peningkatan keuntungan bisnis. Anda pasti sudah sering mendengarkan para internet marketer yang sukses hanya dengan melakukan jualan, tanpa harus memiliki bisnis secara utuh bukan? 

5.Bisa disinergikan dengan strategi branding

Marketing dan branding adalah dua hal yang berbeda, namun di dunia digital, Anda bisa melakukan keduanya secara bersamaan. Maksudnya adalah, dengan menggunakan strategi pemasaran ini, Anda juga bisa sekaligus menggunakannya sebagai media branding untuk produk/jasa Anda. Tentu saja, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi hitungan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Sebelumnya saya ingin mengingatkan terlebih dahulu, bahwa istilah digital marketing yang digunakan dalam blog ini akan lebih cenderung pada pembahasan digital marketing menggunakan internet marketing ya. 

Dalam praktiknya, ada beberapa jenis strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan:

1.Konten Marketing

Strategi marketing ini fokus pada penggunaan konten dalam melakukan pemasaran. Konten tersebut bisa berbentuk artikel di blog, copywriting di website, gambar, hingga video. Konten marketing sebenarnya digunakan dalam jenis strategi digital marketing yang lain. karena semua jenis marketing digital akan membutuhkan konten dalam pelaksanaanya. Dan keberhasilan digital marketing Anda juga sangat tergantung pada kualitas konten marketing Anda.

2.Search Engine Optimization (SEO)

Optimasi mesin pencari fokus pada implementasi strategi on page dan off page untuk mengangkat sebuah website ke baris tertinggi mesin pencari, utamanya Google. SEO merupakan strategi pemasaran yang membutuhkan waktu lebih lama dibanding yang lain, apalagi jika kompetisi pada kata kunci yang ditarget memiliki nilai yang tinggi. Namun, ketika SEO sudah berhasil, manfaat yang diperoleh akan lebih stabil dibandingkan dengan SEM.

3.Search Engine Marketing (SEM)

SEM memiliki fungsi yang hampir sama dengan SEO, yakni untuk mendapatkan posisi tertinggi di mesin pencari. Namun, Jika SEO membutuhkan waktu lebih lama dan biaya yang lebih murah. Maka SEM memerlukan biaya lebih tinggi, namun dengan hasil lebih cepat. SEM menggunakan iklan berbayar yang bisa langsung menghasilkan konversi leads dan penjualan. Jenis iklannya beragam mulai dari Google ads, FB Ads, Instagram Ads, dll.

4.Social Media Marketing

Salah satu strategi yang sangat populer dan bisa dilakukan siapa saja adalah Social media marketing. Strategi ini fokus pada optimasi akun sosial media seperti facebook, instagram, tiktok, linkedin, X, dll. Kunci strategi ini terletak pada konsistensi dan kualitas konten yang diharuskan bisa meningkatkan engagement audiens dan mengoptimalkan konversi dari trafik.

5.Email Marketing

Yang satu ini tidak begitu populer di Indonesia, karena memang orang indonesia tidak begitu intens dan terbiasa menggunakan email sebagai media komunikasi. Email marketing juga merupakan jenis strategi marketing yang sangat baik yang bisa digunakan untuk target market yang tepat. Strategi ini fokus pada optimasi email untuk menjaring audiens/market yang lebih luas dan efektif.

6.Endorsement/Influencer

Jenis digital marketing berikutnya adalah Endorsement/Influencer. Strategi ini fokus pada penggunaan kekuatan influencer yang memiliki banyak audience. Cara kerja strategi ini adalah dengan membayar para influencer untuk meng-endorse atau mempromosikan produk/jasa Anda kepada para pengikutnya. Ini juga merupakan strategi yang sangat efektif asalkan Anda benar-benar memilih influencer yang tepat dan memiliki target audience yang sama dengan target market produk/jasa Anda.

7.Affiliate Marketing

Strategi marketing yang satu ini sudah populer sejak lama. Di tahun 2008, saat saya sedang cinta-cintanya dengan yang namanya blogging, sudah ada banyak platform yang menyediakan program afiliasi. Salah satunya adalah amazon. Strategi ini juga cukup efektif karena Anda dibantu para affiliate dalam memasarkan produk Anda. Jadi, secara tidak langsung Anda tidak sendirian memikirkan bagaimana caranya agar produk/jasa Anda bisa laku keras.

8.Online Advertising

Sedikit berbeda dengan SEM, online advertising tidak dilakukan untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari tapi di semua tempat yang memungkinkan terlihat oleh target market Anda secara online. Misalnya, dengan memasang banner di situs-situs berita online seperti detik, kompas, 

Siapa yang Perlu Menggunakan Digital Marketing?

Setelah mengetahui keuntungan, jenis, serta kemudahan yang bisa Anda dapatkan dalam digital marketing, kira-kira siapa sajakah yang harus menggunakan strategi pemasaran ini? Jawabannya adalah, semua orang atau bisnis yang menjual produk/layanan. 

1.Pemasar

Digital marketing merupakan solusi yang bisa membantu para pemasar untuk memperluas jangkauan marketnya. Selain itu, jika Anda terbiasa melakukan pemasaran offline, Anda perlu mencoba strategi pemasaran ini yang akan memberikan Anda kemudahan lebih dalam menjangkau target Anda.

2.Pemilik bisnis

Jika Anda mengalami kendala dalam memasarkan produk Anda, mungkin sudah saatnya Anda melakukan strategi pemasaran yang satu ini. Ingat, bisnis yang baik adalah bisnis yang menguntungkan dan sustainable. Di era yang serba digital ini, jangan sampai Anda terlena oleh keberhasilan bisnis konvensional Anda yang sekarang. Kompetitor bisa muncul dari mana saja, termasuk dari dunia digital yang sangat bisa dimasuki oleh siapa saja. Jadi, jangan sampai tertinggal.

3.Pemilik yayasan

Dengan memahami trend yang serba online saat ini, para pemilik juga harus mulai sadar bahwa ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness untuk yayasan Anda. Ini akan menambah kepercayaan dan kredibilitas pelanggan dan mitra Anda di dunia online.

4.Pemilik sekolah

Generasi Z dan alpha yang kini berada pada usia sekolah merupakan para pengguna internet aktif yang mencari segala informasi di internet. Sementara para orang tua kebanyakan juga merupakan generasi milenial yang juga mengandalkan internet untuk mencari informasi mengenai pendidikan dan segala kebutuhan keluarga termasuk pendidikan anak. Jadi. strategi digital marketing menjadi salah satu kebutuhan sekolah Anda yang bisa diandalkan.

5.Pekerja lepas

Kini Anda bisa menjual keahlian Anda di internet. Anda bisa membangun personal brand Anda di sosial media atau mengirimkan penawaran langsung melalui internet marketing. Terbukti, banyak influencer dan profesional yang berhasil melakukannya dan bisa mengumpulkan pendapatan yang tidak sedikit.

6.Sales

Jika dulu brosur fisik selalu Anda andalkan untuk menjual produk Anda, mungkin Anda harus mulai mencoba strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan Anda. Ini akan membuat Anda bisa menjangkau lebih banyak prospek dengan biaya lebih hemat bahkan gratis dan waktu lebih cepat.

Dari Mana Memulai Digital Marketing?

Digital marketing agency

Last but not the least, dari mana Anda bisa memulai digital marketing? Jawaban paling tepat adalah dari sini, dari saat ini. Dan berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai strategi pemasaran ini.

1.Identifikasi kebutuhan Anda

Tahap paling awal adalah, identifikasi kebutuhan Anda. Apa yang Anda harapkan dari strategi pemasaran ini. Apa hasil yang Anda inginkan? Brand awareness saja, penetrasi pasar, atau mungkin langsung pada peningkatan penjualan. 

2.Kenali target market Anda

Banyak pemilik bisnis yang tidak benar-benar paham siapa target market mereka. Target market paling buruk adalah semua orang. Karena semakin spesifik target market Anda, maka semakin baik strategi yang bisa Anda buat. Jadi, menentukan target market adalah salah satu hal paling fundamental yang harus Anda lakukan sebelum melakukan digital marketing. 

Bagaimana cara menentukan target market yang tepat dan benar? Akan dibahas di artikel lain ya 😉

3.Pahami kebutuhan market Anda

Apa kebutuhan target market Anda dan solusi apa yang Anda tawarkan. Ini akan menjadi bahan utama yang nantinya akan digunakan dalam menyusun langkah selanjutnya dalam strategi marketing Anda.

Dengan memahami kebutuhan market Anda, Anda akan semakin paham bagaimana cara memasarkan produk/jasa Anda.

4.Strategi yang Anda gunakan

Dari beberapa jenis strategi digital marketing yang tadi telah dijelaskan, mana strategi yang mau Anda lakukan? Jika Anda memiliki resource yang terbatas, mulailah dari yang paling sesuai dengan target market Anda. Lakukan bertahap, satu persatu.

Namun jika Anda punya resource yang cukup besar, Anda bisa mencoba beberapa strategi untuk menentukan strategi yang paling cocok untuk bisnis Anda.

5.Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki

Ini juga faktor penentu yang nantinya Anda gunakan sebagai acuan untuk menentukan poin ke 4 di atas. Apakah Anda akan menggunakan strategi yang organik dan minim biaya. Atau Anda lebih memiliki strategi yang membutuhkan biaya besar namun dengan hasil yang lebih cepat?

Apakah Anda akan memulai digital marketing Anda sendiri? atau Anda akan membentuk tim khusus? Atau jika Anda memiliki budget cukup besar untuk marketing maka Anda bisa memutuskan untuk menggunakan jasa agency untuk melakukannya. Ada banyak agency marketing bagus yang memiliki layanan lengkap dan kualitas hasil yang sudah terbukti. Untuk daftar rekomendasi agency digital marketing terbaik, nanti akan dibahas di artikel yang lain juga ya 😉

6.Tentukan siapa yang akan melakukannya

Digital Marketing saat ini bukanlah pilihan tapi kebutuhan

In my humble opinion, di dunia digital yang saat ini semakin berkembang, digital marketing adalah strategi marketing yang menjadi kebutuhan utama dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Bisnis kecil yang masih ukm ataupun bisnis besar membutuhkan strategi marketing yang bisa semakin mendekatkan mereka pada pasar. Kecenderungan konsumen saat ini menginginkan produk dan layanan yang cepat dan mudah didapatkan. Dan keberadaan produk/jasa Anda di internet menjadi sebuah keharusan jika Anda tak ingin dilupakan dan digantikan oleh kompetitor Anda. 

Jadi, sudah sedekat apa produk/jasa Anda dengan market Anda di dunia digital saat ini? 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *